Meriahnya Lomba Bahasa Arab Se-Karesidenan Pati

Bahasa Arab selain sebagai identitas agama Islam, juga merupakan bahasa yang penting dalam era modern sekarang ini. Adanya berbagai sarana komunikasi modern dan kemudahan berinteraksi di era globalisasi ini menjadikan Bahasa Arab tetap menjadi salah satu bahasa internasional seperti bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol.
Dalam rangka menjaga eksistensi dan penguasaan bahasa Arab yang baik ini Prodi Bahasa Arab (PBA), STAI Mathali’ul Falah (STAIMAFA) mengadakan lomba bahasa Arab tingkat Aliyah se-karisedenan Pati dengan tema “رفع اللغة العربية بتراثها الحضاري العريق” (Meningkatkan Bahasa Arab Melalui Hazanah Peradaban Bahasa Arab Klasik)
Acara yang diselenggarakan di kampus STAIMAFA Pati pada tanggal 21 Februari 2015 ini berlangsung lancar dan meriah dengan diikuti oleh 120 peserta dari 2 Madrasah Aliyah (MA) se-karisedenan Pati. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh Ketua Prodi PBA, Dr. Ali Subhan, MA dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia lomba. Setelah itu, barulah memasuki acara inti lomba bahasa Arab yang meliputi; lomba cerdas cermat (musabaqah al- ma’lumat), lomba debat (musabaqah al-munadharah), lomba pidato (musabaqah al-khithobah), lomba baca puisi (musabaqah qira’ah al-syi’r), lomba baca kitab (musabaqah qira’ah al-kutub), lomba kaligrafi (musabaqah al-khath al- arabiy), dan lomba seni tilawah (musabaqah al-qira’ah bi al-taghanniy). Acara berakhir pada pukul 15.30 WIB dengan pengumuman pemenang lomba serta penyematan hadiah sebagai penutupnya.
Lomba bahasa Arab diadakan setiap tahun oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi PBA yang pada tahun ini berkolaborasi dengan UKM Qurra’ Wa al-Huffadh. Dalam kolaborasi tersebut, ada banyak jenis perlombaan yang diselenggarkaan dibandingkan dengan lomba pada tahun sebelumnya. Di antara lomba yang dinaungi oleh UKM Qurra’ Wa al-Huffadh adalah lomba kaligrafi (musabaqah al-khath al- arabiy) dan lomba seni tilawah (musabaqah al-qira’ah bi al-taghanniy) yang belum ada di perlombaan tahun sebelumnya.
SHARE

IPMAFA

Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment