"Ning Ummi" Meriahkan Pentas Produksi Teater Suryopati

Memasuki usianya yang ke delapan, teater Suryopati kembali menyelenggarakan pentas produksi untuk yang kesekian kalinya (27/5/2016). Pentas produksi merupakan program pentas seni teater yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Kali ini, pentas mengadopsi naskah cerpen Gus Mus yang berjudul “Ning Ummi”.
Pentas produksi ini dihadiri oleh seniman-seniman teater sekitar Pati meliputi teater Tuman dari UNISNU, Satoes dari STAIN Kudus, teater Gerak Sebelas Kudus, As dari STAI Pati, Teater Salafiyah Kajen, Gandrung Sastra Margoyoso, sejumlah mahasiswa dari Unisula Semarang, serta para mahasiswa dari kampus IPMAFA.
H Umar Farouq, pembina Suryopati yang sekaligus pengasuh pesantren Ma’had Mathali’ul Falah dalam sambutannya menyampaikan bahwa teater Suryopati harus memiliki ciri khas yang berbeda dari yang lain.  “Suryopati harus memiliki konsep tersendiri, menjadi pembangun bukan hanya pengkritis”, paparnya.
Acara yang terselenggara siang hari ini mendapat perhatian dari para hadirin yang datang. Dengan performa teater dari sedulur Gandrung Sastra Margoyoso dan penampilan Teater Suryopati Ipmafa, acara berjalan cukup seru. Penonton terasa menikmati setiap adegan yang ditampilkan para pemain. Ditambah dengan naskah pentas yang mengadopsi kumpulan cerpen dalam buku Lukisan Kaligrafi yang ditulis oleh Gus Mus. Naskah digubah dan dimainkan oleh sedulur teater Suryopati sendiri, dan disutradarai oleh teater Mina Tani Pati.

Usai penampilan pentas produksi, acara dilanjutkan dengan diskusi para peserta untuk perbaikan teater Suryopati kedepan. Dalam diskusi tersebut ditemukan beberapa kekurangan dari teater pentas produksi, salah satu kekurangannya disebabkan terbatasnya alat-alat yang dimiliki oleh teater Suryopati. Para anggota berharap semoga ke depan teater Suryopati dapat mengadakan pentas produksi berikutnya di setiap tahun dan memiliki alat-alat pentas memadai sehingga menambah semangat sedulur-sedulur teater dalam mementaskan seni teater yang lebih produktif dan bernilai.
SHARE

IPMAFA

Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment