STAIMAFA EXPO 2014 Meriahkan Haul KH. Mutamakkin

Setiap tanggal 1-10 Muharram, masyarakat desa Kajen memperingati haul Syekh KH Ahmad Mutamakkin yang terkenal dengan sebutan Mbah Mutamakkin. Peringatan tersebut diisi dengan berbagai kergitan yang penuh makna meliputi tahlil,tahtimul Quran bil ghaib dan bi al-nadhar, buka kelambu dan acara keagamaan lainnya. Tak ketinggalan, mahasiswa Staimafa ikut memeriahkannya dengan menggelar STAIMAFA EXPO 2014 yang dilaksanakan selama seminggu, 27 Oktober – 05 November 2014, dengan berbagai acara yang menarik. Peringatan haul tersebut memang untuk meneladani perilaku dan kebaikan Mbah Mutamakkin semasa hidupnya.
Acara pertama dimulai dengan Street Ball yang diselenggarakan oleh UKM Olah raga pada tanggal 27 Oktober – 01 November 2014. Bertempat di halaman kampus Staimafa, acara olahraga tersebut berjalan cukup meriah karena diikuti oleh para santri pondok pesantren Kajen dan sekitarnya meliputi Ponpes PMH Putra, Kulon Banon, PMH Al- Kautsar, PP. Bustanut Tholibin, PP. Al- Warotsah, PP. Hajroh, PP. PNH, PP. Permata, PP. PRU, PP. Barokatul Ulum, PP. PRS, PP. Al- Roudhoh, PMH. Pusat, PP. Mata Air, dan PP. Al- Anwariyah. Juara I diraih oleh PP. PNH, Juara II diraih oleh PMH Putra, dan Juara III diraih oleh PP. Permata:
Acara Bazar juga ikut memeriahkan acara Expo Staimafa 2014. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kampus Staimafa (31 Oktober – 02 November 2014) ini diisi dengan berbagai stand mahasiswa dan pihak luar. Berbagai stand tersebut memamerkan berbagai macam produk dan karya yang menarik pengunjung seperti books store, Sountherntrack distro Pati, Komunitas Crafter Perempuan Pati, D’samin Corner, Omah Bandeng Juwana, Galery Kreatifitas Berbahan Limbah, dll. Meski di akhir penutupannya sempat terjadi guyuran hujan, hal ini malah menjadikan pengunjung merasa Acara ditutup pada 02 November dengan guyuran hujan yang menjadi berkah bagi para pengunjung dan pemilik stand.
Acara selanjutnya adalah Ajang Kreatifitas Berbahan Limbah dimana peserta unjuk karya dalam pemanfaatan barang bekas yang sudah tidak terpakai. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BEM Pro Pendidikan Guru Roudhotul Athfal, 29 Oktober 2014 di auditorium Staimafa. Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa Staimfa dengan mengirimkan dua delegasi dari masing-masing kelas. Juara I diraih mahasiswa PGRA 5 C, Juara II oleh PMI I, dan juara III oleh PGRA I B.
Selain acara-acara di atas, masih ada serangkain acara lain untuk memeriahkan acara peringatan haul. Hal ini meliputi Bedah Buku “Lasem Kota Tiongkok Kecil: Interaksi Tionghoa, Arab Dan Jawa” yang diselenggarakan Library Corner Staimafa (30/10), Donor Darah yang diselenggarakan oleh BEM Pro Pengembangan Masyarakat Islam bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Pati (31/10), Tahtimul Qur’an dan Tahlil yang diselenggarakan oleh UKM Qurro’ wa Huffadz (31/10) di kampus STAI Mathali’ul Falah yang dipimpin oleh bapak Zainurrosyid, Seminar Ekonomi yang diselenggarakan BEM Pro Perbankan Syari’ah dengan tema “ Strategi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) menghadapi pasar global ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN/ MEA) 2015” dengan narasumber Pimpinan Bank Syariah Mandiri Cabang Pati, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi dan Kerjasama Koperasi Indonesia, Ketua Persatuan Baitul Mal wat Tamwil Indonesia (31/10), Pentas Seni yang diselenggarakan oleh UKM Teater (3/10), Nonton Bareng yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Analisa dengan film “ GIE” (02/11) di halaman STAI Mathali’ul Falah. Acara terakhir adalah Seminar Bilingual yang diselenggarakan oleh UKM AHIMSA dan BEM Pro Pendidikan Bahasa Arab yang diselenggarakan pada 05 November 2014 di auditorium STAI Mathali’ul Falah dengan tema “The Language Is The One Of The Key To Open The World” “اللغة مفتاح من المفاتيح لفتح الدنيا” dan narasumber Bapak M. Ghufron Wahid, Lc. (Bahasa Inggris) Ibu Raodah, MA. (Bahasa Arab).
SHARE

IPMAFA

Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a comment